Saturday, April 22, 2006

Wortel, tomat dan sayuran hijau mencegah serangan asma

Ternyata wortel, tomat dan sayuran hijau juga dapat mencegah serangan asma. Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis membuktikan hal ini.

Thorax 2006;61:209-215 6 March 2006 © 2006 BMJ Publishing Group Ltd & British Thoracic Society. Fruit and vegetable intakes and asthma in the E3N study, I Romieu, R Varraso, V Avene, B Leynaert et al.
Untuk mengetahui pengaruh makanan terhadap prevalensi asma pada orang dewasa, di Perancis dilakukan survei terhadap 68.535 perempuan menggunakan food frequency questionnaire yang mencakup 238 item bahan makanan. Sebanyak 2.145 responden adalah penderita asma.
Setelah adjustment terhadap usia, IMT, status menopause, status perokok, asupan kalori total, aktivitas fisik, dan pemakaian suplementasi makanan lainnya, disimpulkan bahwa pada kelompok yang lebih banyak makan tomat, wortel dan sayuran berdaun, prevalensi asma-nya lebih rendah. Buah dan sayuran lain tidak berhubungan signifikan terhadap prevalensi asma.
Penelitian ini membuktikan bahwa asupan wortel, tomat, dan sayuran hijau setiap hari dapat menurunkan prevalensi asma pada orang dewasa.

No comments:

Post a Comment